Alat Jualan Online Untuk Pemula

Wartaanda 15 January 2022

Menjadi pebisnis online saat ini merupakan salah satu profesi yang mulai banyak dilirik. Bisnis online dinilai menawarkan keuntungan yang melimpah hingga banyak yang tergiur. Beberapa kalangan bahkan langsung mengoleksi alat untuk jualan online demi mewujudkan keinginannya.

Ilmu mengenai jualan online memang sudah banyak dibagikan melalui berbagai sosial media. Mayoritas ilmu yang dibagikan akan memiliki kesimpulan yang sama bahwa jualan online bisa dimulai dengan alat sederhana yaitu smartphone.

Namun selain smartphone, tentu ada beberapa alat lain yang juga bisa membuat bisnis online Anda semakin sukses. Apa saja peralatan tersebut ? berikut ulasannya.

Perlengkapan Packing

Saat Anda memutuskan untuk berjualan online, tentu Anda menyadari bahwa produk yang Anda jual nantinya harus di packing dengan rapi sebelum dikirim ke konsumen. Memiliki perlengkapan packing lengkap mulai dari lakban, plastik packing, bubble wrap, serta kertas dan bolpoin untuk menulis alamat.

Anda bisa menyesuaikan perlengkapan packing yang dibeli sesuai dengan jenis produk yang dikirim. Jika Anda menjual produk pakaian, maka Anda tidak harus membeli bubble wrap. Namun jika Anda menjual produk skincare maka bubble wrap adalah perlengkapan yang wajib dimiliki.

Perlengkapan Background Foto

Jualan online identik dengan foto produk yang cantik dan menarik, maka dari itu background foto menjadi alat untuk jualan online yang wajib dimiliki. Tapi Anda jangan kaget dulu karena background foto yang digunakan tidak harus mahal.

Anda bisa mencari beberapa perlengkapan di rumah Anda seperti bunga sintetis atau mungkin bunga dan tanaman asli juga bisa digunakan, kain polos dengan warna netral. Dengan 2 perlengkapan ini saja, foto produk Anda akan terlihat indah sehingga bisa menarik perhatian calon konsumen.

Baca Juga  Bisnis Yang Menguntungkan Dan Bisa Dilakukan Dari Rumah

Jika Anda memiliki budget lebih, Anda juga bisa membeli beberapa perlengkapan tersebut di toko accessories dan toko dekorasi. Sesuaikan perlengkapan yang dipilih dengan produk yang Anda jual agar konsep foto terlihat lebih rapi.

Alat Operasional Bisnis

Alat untuk jualan online tidak selalu berhubungan dengan konten promosi produk saja. alat-alat untuk mengatur operasional bisnis juga merupakan alat penting yang harus dimiliki. Ada beberapa peralatan yang wajib untuk Anda miliki diantaranya smartphone dan buku catatan.

Fungsi smartphone pada dasarnya hampir serupa dengan fungsi PC komputer yaitu untuk mengelola sosial media atau akun penjualan Anda (marketplace, website). Meski Anda memiliki PC komputer, namun smartphone masih menjadi peralatan yang penting karena bisa digunakan untuk memotret produk jualan online Anda.

Buku catatan sendiri memiliki beberapa fungsi yaitu untuk mencatat stok, cash flow, strategi pemasaran, hingga evaluasi bisnis Anda. Meski Anda sudah bisa mencatat semua itu dalam PC komputer, namun beberapa kalangan menilai mencatatnya menggunakan buku tulis mampu memberikan manfaat lebih karena Anda akan lebih mengingat catatan tersebut dengan baik.

Itulah beberapa alat untuk jualan online yang wajib Anda miliki. Pada dasarnya tidak perlu menggunakan peralatan super canggih untuk membuka bisnis online, Anda bisa memanfaatkan berbagai perlengkapan sederhana yang ada di sekitar Anda untuk menjalankan bisnis Anda.

Bisnis online tetap bisa berjalan meski Anda tidak memiliki modal yang besar selama Anda memiliki keinginan untuk maju yang kuat. Anda hanya perlu memanfaatkan peralatan sederhana tersebut dengan maksimal agar bisnis Anda bisa tetap sukses.

Menggunakan alat untuk jualan online yang sederhana bisa menjadi langkah awal yang tepat untuk membuat bisnis online Anda sukses secara perlahan. Memulai bisnis dengan sederhana jauh lebih baik dibandingkan dengan memaksakan diri menjalankan bisnis dengan peralatan canggih diluar kemampuan.

Baca Juga  Harus Tahu! Inilah 5 Bisnis Rumahan Yang Menjanjikan Di Tahun 2022

Leave a Comment

Artikel Terkait